Italia Melawan Dominasi Spanyol Di MotoGP

otodigest.com – Bang, Mpok! Buat penggemar MotoGP pasti hapal sekali siapa saja pebalap pemenang juara dunia kelas MotoGP. Namun sejak 2010, pemenang di dominasi oleh bangsa Spanyol.

Pebalap Spanyol yang memenangi balapan MotoGP sejak 2010 yaitu Jorge Lorenzo tahun 2010, 2012 dan 2015, lalu Marc Marquez juara tahun 2013, 2014 dan 2016. Terselip nama Casey Stoner dari Australia pada tahun 2011 sebagai juara dunia kelas MotoGP. Sementar itu posisi 2 dan 3 dalam rentang tersebut didominasi pula oleh Spanyol, saling bergantian aja. Sedangkan pebalap Italia tidak lain tidak bukan Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso yang masuk 3 besar.

Serba Spanyol

Kalau mau head to head maka dominasi Spanyol VS Italia terlihat dalam tabel dibawah. Aye olah data per seri ketiga tahun 2016 dengan seri ketiga tahun 2017 yaitu saat seri Austin. Kalau nunggu seri penutup kelamaan. Ambil data terdekat aja yaitu 2016 VS 2017 di seri Austin.

Tabel Peserta MotoGP 2016 – 2017 Per Seri Austin

 

Dalam Chart Spanyol Dominan

Dari tabel terlihat dominasi Spanyol lebih dari 40 persen! Italia paling tinggi 23 persen itupun tahun lalu. Dominasi Spanyol sudah terlalu kuat hingga ke jenjang Moto3 dan Moto2.

Akhirnya seorang Valentino Rossi mendirikan sekolah balap di kampungnya Tavulia karena berambisi melahirkan pebalap unggulan yang akan menggeser atau setidaknya menyeimbangkan dominasi Spanyol. Di tahun ini hasilnya sudah terlihat yaitu Franco Morbidelli dan Romano Venatti yang menguasai podium di kelasnya masing-masing! Kita akan lihat 2 atau 3 tahun mendatang pergeseran kekuatan dua negara tersebut.

Kapan Kayak Gini Lagi

Tentunya khalayak ingin juga menyaksikan All Italian podium sehingga gak bosen-bosen amat. BTW, kapan ya All Indonesian podium di MotoGP?

Leave a Reply