Honda Astrea Prima, Bagian Sejarah Motor Indonesia

otodigest.com – Bang dan Mpok, semangat puasa ya! Honda Astrea Prima merupakan salah satu motor Honda rakitan jaman Federal Motor. Motor ini masih suka ditemui diparkiran Bang! Apalagi kalau pergi ke pelosok daerah!

Kebetulan sekali, aye bersua dengan motor lawas idaman tahun 1989 ini di parkiran. Warna merahnya menarik perhatian. Dari tampilannya motor ini cukup terawat dan masih bisa bejaban di jalanan kota. Stiker-stiker masih nempel meski hurufnya pudar. Otot merah Astrea Prima ini seolah memberi isyarat perjuangan hampir tiga dekade melibas jalanan. Tidak banyak yang bisa diabadikan kecuali kekaguman.

Astrea Prima merupakan motor berkapasitas mesin 97Cc satu silinder produksi Federal Motor (sekarang AHM). Motor lansiran 1989 – 1992 ini irit dan bandel. Gak ada pernik-pernik alias fitur yang lazim dipake motor jaman sekarang. Kelebihan motor ini di jamannya yaitu sudah pakai CDI bukan plat. Lalu udah pake teknologi starter mesin dan shockbreker teleskopik, jadi enak dan empuk.

Kapasitas bensin sebanyak 3,7 liter dan kapasitas olinya 0,9 liter.Total berat motor 93 kilogram. Pada tahun 1991 dikeluarkan versi tanpa kick starter yang konon diproduksi langsung dari Jepang!

Dengan semua kelebihan tersebut tidak heran penjualan Astrea Prima meroket melebihi saudaranya macam Honda Super Cub 700 dan 800. Kini, banyak juga dijual motor Honda Astrea Prima secara online, ada yang ditebus 3,3 juta. Namun harga tergantung kondisi ya Mpok!

Honda Dream alias Honda Astrea Prima

Nah, penggemar motor ini cukup banyak. Classic never die kata anak klub motor Honda Klasik. Honda Astrea Prima sudah hampir 3 dekade hadir dalam sejarah permotoran Indonesia. Tidak dipungkiri populasinya pernah meraja di eranya. Bahkan kini, masih menyisakan kerinduan dan kecanduan buat penggemarnya.

Leave a Reply