CBR25ORR Bisa Dicuci, Perhatikan Caranya

Siapa pun yang punya motor pasti kalau kotor ingin dicuci. Yekan, Bang Mpok? Abis dipakai berhari-hari, kena hujan, kena debu jalanan, kena cipratan air pasti jutek kalo liat motor kotor. Gatel badan. Gak kecuali – apalagi – yang punya motor CBR250RR. Udah motor baru kotor lagi. Kalo udah begitu, langsung pergi ke tukang cuci buat dicuci sampai bersih.

Tapi jangan sembarangan nyuci motor CBR250RR Bang. Bilang sama tukang cuci, supaya tekanan air jangan terlalu kencang. Yang ringan ajah. Kenapa? Karena kalau terlalu kencang semburan airnya bisa neberobos masuk ke ruang mesin. Ada bagian yang tidak boleh terkena semburan steam terlalu kencang seperti radiator, throttle body, dan injektor.

Diungkapkan oleh Saptono, Head Of Technical Training Instructor Wahana Honda, bahwa CBR250RR menggunakan teknologi throttle by wire. Pada teknologi tersebut menggunanakn sensor APS (Accelerator Position Sensor) yang posisinya di dudukan engine start/stop. APS ini punya resiko kalo kena semburan air. Cukup siram sama air sabun lalu dibilas.

Daripada kena masalah memang gak ada salahnya nyuci sendiri Bang Mpok. Daripada kena tuh sensornya, nanti motor gak bisa tampil eksis di jalanan dengan maksimal. Yekan?

 

Leave a Reply